Puti Baca Puisi Bung Karno Dalam Pengundian Nomor Urut

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - "Kami berdua bagai kepak sayap burung garuda
Yang kanan dan yang kiri
Ketika kami berdua mengepakkan dengan kuatnya
Maka kami bisa terbang setinggi-tingginya
Menukik, menyentuh rakyat Jawa Timur
Sayap kami berdua, akan mengayomi rakyat Jawa Timur
Sehingga kemenangan kami berdua, kami yakinkan adalah kemenangan untuk seluruh rakyat jawa timur
Maka itu, kabeh sedulur kabeh makmur," begitulah puisi yang dibacakan oleh Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Puti Guntur Soekarno ketika menyampaikan pidato dalam acara pengundian nomor di Hotel Mercure, Surabaya, Selasa (14/2/2018).

Puisi tersebut merupakan puisi yang ditulis oleh Presiden Republik Indonesia pertama sekaligus kakek Puti, Ir Soekarno dalam buku "Sarinah" dengan sedikit diberi sentuhan baru disesuaikan dengan konteks Pilgub Jatim.

Wanita yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI itu menjelaskan jika puisi tersebut berceritakan tentang persamaan perempuan dan laki-laki.

Selain itu, ia mengatakan jika persamaan tersebut menggambarkan bangsa Indonesia yang aman karena persaudaraan yang erat sesama masyarakat.

"Saya berdiri sini di sini di hadapan saudara-saudara yang menjadi saudara-saudaraku juga karena pendiri bangsa ini mewariskan bangsa Indonesia. Mewariskan Indonesia yang besar karena persaudaraannya. Karena persaudaraan itulah maka kami mengajak untuk menyambut pesta demokrasi dengan politik beretika politik berkeadaban politik dengan moral politik berkebudayaan," kata Puti

Menutup pidatonya yang penuh dengan semangat itu dan nada yang tegas, ia memohon doa restu dan dukungan masyarakat Jatim untuk memenangkan dirinya bersama Saifullah Yusuf.

“Mohon doa dan restu dari rakyat Jawa Timur untuk kami berdua, Gus Ipul dan saya. Semoga kemenangan kami kelak adalah kemenangan rakyat Jawa Timur,” kata Puti. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Puti Guntur Soekarno Bung Karno