Tour De Indonesia 2018, Pakde Karwo: Kalau Ada Lagi di Jawa Timur Saja

josstoday.com

Gubernur Jatim, Soekarwo (kanan) saat berbincang dengan salah satu official tim dari luar negeri dalam jamuan makan malam di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/1/2018). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo secara langsung menjamu peserta Tour De Indonesia 2018 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/1/2018) malam.

Dalam jamuan tersebut, para peserta dan official tim dihibur dengan tari-tarian tradisional Jawa Timur. Tak hanya itu, para peserta juga dijamu pula dengan makanan khas Jatim seperti Rawon dan Soto Ayam yang mendapat perhatian kontingen dari luar negeri.

Salah satunya manajer tim 7 Eleven dari Filipina, Ric Rodriguez yang merespon langsung sambutan yang menyebut "Rawon Ghost" (Rawon Setan). Meski namanya tak disebut, namun ia langsung berdiri dari mejanya menuju meja makanan.

Usai itu, ia langsung mencoba Soto Ayam yang berada disisi Rawon. "Enak sekali," ujarnya dengan mangacungkan jempolnya.

Disela-sela menikmati Rawon, namanya dipanggil untuk menerima cinderamata dari Soekarwo. Dengan kaget, ia menaruh piringnya dan berlari untuk menerima penghargaan tersebut. Tawa dari undangan yang hadir pun mengiringinya.

Melihat kebahagiaan dan respon positif yang diberikan. Pakde Karwo (sapaan akrab Soekarwo) mengaku siap menjadi tuan rumah ketika ada event ini lagi. 

"Saya menawarkan kalau ada (lagi) di Jawa Timur saja, bisa muter-muter sampek ke Bali," ujarnya disambut tepuk tangan.

Dukungan itu ia berikan, karena dari event-event seperti ini bisa meningkatkan pemasukan daerah. "Olahraga menjadi multiple effect bagi daerah. Karena mengenalkan tourism (wisata) kita kepada masyarakat dunia, ditambah lagi dengan keramah tamahan masyarakat membuat orang akan nyaman berada di Jawa Timur," jelasnya.

Mengomentari kegiatan yang 60 persen dilangsungkan di Jawa Timur, Ketua Umum Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), Raja Sapta Oktohari mengaku senang dan speechles (kehabisan kata-kata) untuk menggambarkan kebahagiaannya.

Menurutnya, luar biasa sambutan yang diberikan oleh masyarakat dan pemerintahan Jawa Timur untuk menghibur serta menyemangati seluruh peserta.

"Saya gak menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan saya untuk seluruh pemerintahan Jawa Timur. Karena, saya merasakan sekali perubahannya dari berangkat sampe masuk Jawa Timur disambut dengan luar biasa," akunya.

Ia melihat, kontribusi pemerintah Jawa Timur sangat besar. Bagaimana terkait jamuan yang meriah, kemudian pihak keamanan yang siap siaga menjaga, dan pihak kesehatan yang begitu cepat tanggap untuk menangani peserta yang mengalami kecelakaan. (ais)

Tour De Indonesia 2018 Gubernur Jatim Soekarwo Pakde Karwo PB ISSI