Nobar Film Wage, Gus Ipul : Masyarakat Harus Meneladani WR Supratman

josstoday.com

Gus Ipul usai menyaksikan film Wage di 21 Royal Plaza Surabaya, rabu (15/11/2017).

JOSSTODAY.COM - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengajak masyarakat nonton bareng (nobar) film 'Wage'. Film biopik pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman ini, diharapkan juga bisa menjadi inspirasi dan keteladanan dalam kehidupan berbangsa.

"Selama ini kita kenal lagunya, kita tahu siapa penciptanya, tapi kita belum pernah tahu bagaimana proses penciptaanya, melalui film ini kita jadi tahu bagaimana proses penciptaannya," ujar Gus Ipul usai menyaksikan film ini, Rabu, 15 November 2017, di 21 Royal Plaza Surabaya.

Menurut Gus Ipul, sosok W.R Supratman adalah pejuang yang tak pernah gentar memperjuangkan kemerdekaan Indonesia lewat karya-karyanya, meskipun mendapatkan berbagai macam intimidasi, ia juga salah satu tokoh pemuda yang berpengaruh pada masa itu.

"Beliau seorang musisi, tapi kemudian tidak hanya sekedar seorang musisi, beliau juga seorang pejuang. Dalam perjuangannya beliau mengalami tekananan-tekanan, tapi dari situlah lahir suatu lagu yang sekarang menjadi lagu resmi Kebangsaan Indonesia. Saya sendiri mulai tahu lebih banyak hal setelah melihat film ini," katanya.

Gus Ipul mengatakan, film ini diinisiasi seorang ulama, pengasuh pondok pesantren Toriqoh sidiqiah, Ploso Jombang, Kiai Muhammad Mukhtar Mukti, yang kemudian meminta kepada putranya untuk mencoba melesuri, meniliti, mendalami, dan akhirnya hadirlah film ini.

"Saya terharu karena yang menginisiasi adalah seorang ulama yang memang betul-betul mencintai tanah air ini dan ingin memberikan warisan luar biasa dalam bentuk film," ujar Gus Ipul.

Ia pun mengajak masyarakat khususnya para pemuda dan siswa-siswi SMA, SMP untuk menyaksikan film, besutan sutradara John De Ranta dan Azwan Azuzan ini.

"Saya menyarankan kepada masyarakat terutama para siswa siswi SMP SMA untuk bisa menonton ini film menginspirasi, karena sebuah karya yang menarik adalah yang menginspirasi, membuat hati bergetar begitu banyak orang," ujarnya.

Film drama biografi Indonesia berjudul “Wage” ini merupakan film yang menceritakan tentang kisah dari nasionalisme dan lagu kebangsaan dari Republik Indonesia, Indonesia Raya yang merupakan lagu nasional dan identitas bangsa RI semenjak mula pertama berkumandang bersamaan dengan bergemanya dari ikrar Sumpah Pemuda.

Sementara itu nobar kali ini juga dihadiri beberapa pemain film "Wage". "Film ini 90 Persen adalah kisah nyata," kata Executive Produser , Rizki Hikmawan. (is/pr)

Gus ipul nobar film Wage nonton bareng film wage