Kemenpora Ajak Mantan Atlet Berwirausaha

josstoday.com

Peserta Diklat SDM Tenaga Teknis Barang Industri Olahraga belajar merangkai shuttlecock di Hotel Novotel Surabaya, Selasa (26/9/2017).

JOSSTODAY.COM - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengajak para atlet dan pemuda untuk berwirausaha. Salah satu upaya Kemenpora tersebut melalui Diklat SDM Tenaga Teknis Barang Industri Olahraga.

Acara berlangsung di Hotel Novotel Surabaya pada 25-29 September 2017, dengan diikuti oleh 60 peserta. Selama diklat, para peserta diajari ketrampilan membuat shuttlecock.

Asisten Deputi (Asdep) Indutri dan Promosi Olahraga Kemenpora Suryati menilai, peluang usaha pembuatan shuttlecock masih sangat terbuka, meski sekarang sudah ada beberapa pabrik besar maupun home industri shuttlecock yang sudah mengusai pasar di Jawa Timur.

"Saya rasa peluang masing sangat terbuka. Mungkin nanti para peserta bisa membidik pasar yang baru belajar badminton dan menjual produknya dengan harga murah. Karena kalau hanya untuk latihan pemula belum perlu menggunakan shuttlecock dengan kualitas bagus," ujar Suryati saat di Surabaya.

Suryati berharap para peserta bisa memanfaatkan kegiatan ini, sebab selama mengikuti diklat mereka akan dipandu oleh pembicara maupun trainer yang sudah terlatih dalam membuat shuttlecock.

Di tempat sama, Kepala Dispora Jawa Timur Supratomo didampingi Kepala Bidang Kemitraan, Haris Ramadhan menambahkan, kegiatan ini akan berdampak positif karena memberikan keterampilan bagi para pemuda untuk membuka usaha sekaligus membuka lapangan kerja. "Sudah saatnya para pemuda tidak mencari pekerjaan. Namun harus bisa membuka usaha untuk menciptakan lapangan kerja," tukasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara M Gajah Nata Surya melanjutkan, selama kegiatan para peserta akan diajari mulai teknik meluruskan bulu angsa, memasang, merangkai hingga finishing. "Bahan baku pembuatan shuttlecock sangat murah dan mudah didapat. Jadi peserta bisa membuka usaha usai mereka mengikuti kegiatan ini, dan Kemepora juga akan berupaya melakukan pendampingan," imbuh Surya.(far)

Kemenpora mantan altet Pelatihan Ketrampilan Diklat SDM Tenaga Teknis Barang Industri Olahraga