Agus Dono: Anggaran Jangan Jadi Alasan Turunnya Prestasi Olahraga

josstoday.com

Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Agus Dono Wibawanto, saat ditemui di ruang kerjanya di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Senin (4/9/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Agus Dono Wibawanto, menegaskan anggaran tidak boleh menjadi alasan menurunnya prestasi olahraga Indonesia. 

"Administrasi dan anggaran gak bisa dijadikan alasan. Kalo memang sejak ada gak ada ya gak usah ngirim. Kan mereka udah tau permasalahan itu. Sehingga tidak boleh dijadikan alasan," katanya saat ditemui di ruang kerjanya di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Senin (4/9/2017).

Ia mengatakan, jika Indonesia negara dengan penduduk terbesar se-ASEAN semestinya tidak boleh terpuruk di posisi kelima dengan torehan kemarim 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu. Hasil itupun terpaut cukup jauh dari Singapura diposisi empat dengan 57 emas, 58 perak, dan 73 perunggu.

"Kita negara besar, dengan penduduk terbesar se-ASEAN. Mohon maaf, harus saya bilang sangat jelek. Kita kalah dengan Singapura yang penduduknya kurang dari setengah penduduk Indonesia," ungkapnya.

Ia pun melihat hal ini menjadi cambuk bagi Kemenpora terkait peningkatan prestasi olahraga. Apalagi, ini menyangkut nama baik sebuah negara. 

Agus Dono menilai, jika tidak tercapainya target Indonesia untuk menjadi juara umum di Sea Games 2017 Malaysia, salah satunya karena faktor nasionalisme yang masih kurang. 

"Kebanggaan itu yang mendorong untuk menang. Dan ini harus untuk terus ditingkatkan," harapnya.

Ia pun berharap, agar kedepan para pelatih dan pengurus cabor terutama Kemenpora bisa segera memperbaiki prestasi yang menurun ini. Apalagi, tahun 2018 Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia yakni Asian Games. (ais)

Kemenpora Anggota Komisi E DPRD Jatim Agus Dono Indonesia Sea Games 2017