Info Gula, Ini 9 Usulan APTRI yang Dibahas Wantanas

josstoday.com

HM Arum Sabil (berkopyah) dalam Rapat Terbatas Dewan Pertahanan Nasioanl (Wantanas) membahas gula. (Foto: Frengky Pribadi)

JOSSTODAY.COM - Ketua umum Dewan Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) HM Arum Sabil, menyambut baik Rapat Terbatas Dewan Pertahanan Nasioanl (Wantanas) membahas gula. Rapat Terbatas tiga hari ini masih akan berlanjut hingga Kamis (11/8/2017), memberikan ruang cukup besar bagi aspirasi petani tebu untuk dibahas secara mendalam.

"Saya menyambut baik inisiatif Wantanas, yang ketuanya adalah langsung Bapak Presiden, dengan telah menggelar rapat terbatas membahas gula ini, bahkan berseri hingga tiga hari mulai hari ini," ujar ketua Dewan Pembina Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) HM Arum Sabil.

Arum Sabil, menjadi narasumber utama dalam rapat dan sekaligus diminta menyampaikan hasil rekomendasi hasil rapat pada Pleno Dewan Ketahanan Nasional atau Wantanas di hari Kamis (10/8/2017) besok.

Berikut adalah sembilan usulan yang diusung HM Arum Sabil, yang diharapkan bisa direkomendasikan dari Rapat Terbatas forum tersebut:

1. Tutup Pemberian ijin pabrik gula baru yang hanya sebagai kedok untuk melakukan impor gula mentah.

2. Cabut ijinnya dan tutup pabrik gulanya apabila pengoprasian pabrik gula baru itu hanya sebagai kedok untuk melakukan impor gula mentah.

3. Terapkan Daftar Negatif Investasi terhadap pendirian industri gula rafinasi.

4. Ijin impor Pabrik Gula Rafinasi harus berdasarkan kuota kebutuhan bukan berdasarkan kapasitas terpasang.

5. Agar ditetapkan skema kusus Kridit Usaha Tani Tebu dengan Sistem Avalis Pabrik Gula tanpa jaminan dan tanpa pembatasan kepemilikan lahan.

6. Revitalisasi tanaman tebu dan Revitalisasi Pabrik Gula harus Dilakukan Segera Secara Bersamaan.

7. Harga Eceran Tertinggi atau HET Gula Minimal Rp. 15.000/ Kg.

8. Peraturan Menteri Perindustrian RI No : 10/M-IND/PER/3/2017 “ Tentang Fasilitas Memperoleh Bahan Baku Agar ditinjau Ulang dan dicabut.

9. Gula Petani Bebas PPN Baik Petani maupun Pedagangnya ke semua lini.
 

(ru)

aptri arum sabil gula petai tebu