Gus Ipul: Untuk Cak Nun, Saya Minta Doa Restu Jadi Gubernur

josstoday.com

Emha Ainun Najib saat memberikan ceramah dalam acara halal bihalal Yayasan Kalimasadha Nusantara di kawasan Jl. Imam Bonjol, Surabaya, Rabu (19/7/2017).

JOSSTODAY.COM - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur, Saifullah Yusuf, meminta restu kepada Emha Ainun Najib untuk bisa menjadi Gubernur.

"Untuk Cak Nun, saya minta doa restu jadi Gubernur," hal itu diungkapkan oleh lelaki yang menjabat sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Jatim itu, saat menghadiri halal bihalal Yayasan Kalimasadha Nusantara di kawasan Jl. Imam Bonjol, Surabaya, Kamis (20/7/2017) dini hari.

Dalam kesempatan tersebut Cak Nun sapaan akrab Emha Ainun Najib, beberapa kali terlihat menyindir Bacagub yang kerap disapa Gus Ipul itu.

Meskipun terlihat beberapa kali ada sindiran yang dilayangkan, namun beberapa sindiran kepada Gus Ipul memberikan beberapa pesan khusus yang diberikan untuk dijalankan kedepannya.

"Orang yang melakukan pencitraan itu seperti kayak bibir hitam yang dikasih lipstick merah. Saipul!!! Gausah bengesan (lipstickan), gausah gincuan (lipstickan, tampilkan dirimu apa adanya kepada rakyatmu," ungkap Cak Nun yang disambut tawa peserta yang hadir.

Menurut Cak Nun, hal itu ia sampaikan karena banyak calon yang hanya baik karena ada butuhnya saja sehingga baik-baik dan dekat dengan masyarakat. Terutama, seperti saat-saat mencitrakan dirinya menjelang Pemilu.

Selain itu, Cak Nun juga mengatakan jika Gus Ipul ini dimemiliki kelebihan dalam hal marketing. Karena bisa menjual tape recorder kepada orang tuli, dan meyakinkan orang buta untuk membeli televisi.

"Dadi, mek dadi gubernur ngunu gampang, masio gurung karuan tak restui rek. (Jadi gubernur sebenarnya gampang, meski belum tentu saya restui.” ungkap Cak Nun yang membuat seluruh jamaah tertawa terbahak-bahak.

Menanggapi berbagai sindiran yang diterima. Gus Ipul mengaku, jika ketika akan berangkat menghadiri acara ini telah menyiapkan mentalnya, untuk meghadapi sindiran Cak Nun.

"Saya sebenarnya tidak harus memberi sambutan. Saya niat datang untuk mendengar ceramah nasihat, dan gojlokan e Cak Nun (sindiran Cak Nun). Sebelum datang kesini sembarang kalir wes tak siapno tekan omah (sebelum datang kesini, semuanya sudah saya siapkan dari rumah)," ungkap Gus Ipul yang mengundang tawa pula.

Tak salah Gus Ipul jika meminta restu pada Cak Nun. Sebab, Cak Nun memiliki pengikut yang cukup besar di Jawa Timur. Bahkan, dalam pantauan langsung di lokasi acara, terlihat pengikut Cak Nun yang kerap disapa Jamaah Makiyah memenuhi jalanan kawasan Jl. Imam Bonjol sisi utara, yang mengharuskan Dishub dan Kepolisian menutup jalan tersebut. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Saifullah Yusuf Gus Ipul Emha Ainun Najib Cak Nun