Marak Taksi Online, Penjualan Mobil Bekas Terdongkrak

josstoday.com

Suasana pameran mobil bekas di JX

JOSSTODAY.COM - Maraknya taksi online beberapa bulan terakhir, ternyata berdampak langsung terhadap penjualan mobil bekas. Berdasarkan keterangan sejumlah pemilik show room mobil bekas di arena Bazaar Mobil Bekas di JX-International, sejak empat bulan lalu sudah terlihat tanda-tanda peminat mobil bekas untuk usaha taksi online.

“Kebanyakan mereka uang mukanya kecil, tapi hanya lembaga pembiayaan (leasing,red.) tertentu yang sanggup membiayai. Dari unit yang diminati, antara lain Avanza, Zenia, Livina dan sejenisnya. Kalau tahun keluaran, kebanyakan di atas tahun 2010”, ujar Linda Gunawan, dari Berkat Sejahtera Motor, dilansir josstoday.com terhangat hari ini.

Selama lima hari pameran di JX International misalnya, sejumlah show room mengaku sudah terjual di atas 10 unit.

Linda mengatakan, selain pembeli lma, banyak juga pelanggan baru dari sejumlah daerah. Tentu harga miring dengan kualitas terjamin, adalah alasan utama memilih membeli mobil bekas lewat showroom.

“Memang banyak yang mengaku untuk usaha taksi online, karena hasilnya cukup menjanjikan. Minimal sudah bisa nutup biaya cicilan, selama mobil tersebut dioperasikan sebagai taksi online”, ujar petugas dari Success Mobil yang mengaku sudah laku 15 unit pada hari kelima pameran. 

Taksi online sendiri, sekarang makin kompetitif dibanding taksi konvesional, diantaranya karena sejumlah alasan, seperti tarif yang lebih murah, lebih praktis, pelayanan yang ramah, mobil bersih dan cepat ordernya.

“Saya kalau ke mall bersama keluarga, sekarang memilih menggunakan taksi on-line. Kita tidak perlu antri ke tempat parkir yang kadang bikin pusing, serta saat pulang tidak menghubungi sudah ditunggu di lobby mall”, itu alasan Agus, warga Surabaya salah satu pelanggan taksi online.

Pernyataan Agus diamini Mulawarman warga Rungkut, yang sekarang juga memilih menggunakan taksi online saat bepergian di dalam kota bersama keluarganya.

“Sekarang banyak operator taksi online di Surabaya, jadi kita tinggal memilih mana yang lebih murah dan cepat. Kalau pelayanannya rata-rata bagus, mobilnya bersih dan wangi serta drivernya sopan”, tutur Mulawarman bersemangat.

Mobil Premium

Meningkatnya pembeli mobil bekas, ternyata tidak hanya mobil di kelas menengah. Mobil premium seperti  Pajero, Alpard, Mercy dan sebagainya, juga laku keras selama pameran sepekan terakhir.

“Saya sebagai pemilik show-room yang banyak menjual  mobil premium, juga laku keras semalam ikut dalam Bazaar Mobil Bekas di JX International kali ini. Mungkin situasi ekonomi di luar mulai membaik, sehingga penjualan mobil bekas ini mengalami peningkatan”, ujar Yusak, owner Anugrah Motor.

Yusak menambahkan, kosumen yang membeli mobil premium itu selain pelanggan lama, juga banyak pembeli baru. Mereka juga tidak saja berasal dari Surabaya, melainkan juga banyak dari luar kota. Bahkan tidak sedikit yang dari luar pulau.

“Ini yang membeli mobil di tempat saya, banyak yang dari luar pulau. Mereka umumnya juga punya rumah di Surabaya, atau warga Surabaya yang bekerja di luar Pulau, tetapi kebutuhan kendaraan tetap ambil dari Surabaya”, jelas Yusak.

Meningkatnya penjualan mobil bekas ini, juga bisa dirasakan dari gairahnya kegiatan pameran mobil bekas di sejumlah tempat di Surabaya. Selain di tempat-tempat permanen seperti mall, juga ada yang insidentil beberapa saat saja.

“Memang, kalau insdentil seperti di JX-International ini hasilnya penjualannya lebih bagus. Selain lokasinya yang strategis, bisa ditempat dari sejumlah jurusan, luar kota terutama, tempatnya juga luas dan dingin”, ujar Hariyanto, Event Orgainzer/EO penyelenggara pameran Mobil Bekas. (han)

mobil bekas jx internasional