Fingerhakeln, Gulat Jari Tengah Asal Jerman

josstoday.com

Meski kelihatannya hanya duduk dan saling menarik, namun rupanya olahraga ini tergolong cukup berbahaya.

JERMANjoss - Setiap negara pasti punya suatu kebudayaan termasuk dalam bidang olahraga. Seperti halnya Indonesia yang memiliki pencak silat, negara Jerman pun memiliki olahraga tradisional namun yang satu ini cukup unik, yaitu gulat jari tengah.

Belakangan ini olahraga tersebut menjadi perhatian dari banyak orang. Olahraga yang memiliki nama Fingerhakeln tersebut rupanya merupakan olahraga tradisional yang biasa digelar di Jerman Selatan tepatnya di Reichertshofen.

Sesuai dengan namanya, olahraga gulat ini menggunakan jari tengah sebagai kekuatan utama. Arena permainannya adalah sebuah meja kayu dengan bantalan dipinggirnya untuk menahan kaki, kemudian jari tengah kedua pegulat akan dikaitkan satu sama lain menggunakan tali yang terbuat dari kulit. Setelah itu masing-masing pegulat akan saling menarik jari tengah lawannya hingga melewati garis, persis seperti lomba tarik tambang.

Menurut sejarah, olahraga ini sudah biasa digelar saat menjelang musim panas oleh masyarakat tradisional Jerman bagian selatan dan juga beberapa warga yang tinggal di daerah pegunungan Alpen.

Untuk menjaga kelestarian budaya dan tradisi masyarakat setempat, olahraga fisik yang cukup berbahaya ini rutin diadakan setiap tahunnya meskipun sudah ada beberapa pegulat yang mengalami cidera mulai dari terkilir hingga jarinya patah. (mj2/adi)

gulat jaritengah